Dapur, dibandingkan ruangan-ruangan rumah lainnya, kerap nampak kurang rapi. Lumrah, mengingat kegiatan yang biasa dilakukan di dapur—menyimpan beragam bahan makanan, menyiapkan masakan, hingga mencuci piring—dan perabotan-perabotan yang dibutuhkan.

Tapi, bukankah akan menyenangkan melihat dapur Anda bersih, dengan dekorasi dan pengaturan furniture yang apik? Apalagi bila, suatu hari, rumah Anda mendapat kunjungan dari kerabat dekat dan sahabat. Suasana dapur pun terasa lebih fun dan bersemangat.

Lalu, bagaimana caranya mengubah tampilan dapur menjadi lebih oke? Sekilas gagasan ini terdengar “mahal.” Namun, itu tidak selalu, kok. Dengan tips yang tepat, dapur Anda bisa terlihat “baru” tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Tertarik mencoba? Kalau begitu, simak baik-baik sederet tips yang Kami kumpulkan untuk Anda, berikut ini.

Tentukan Tema

Googling desain-desain dapur unik di seluruh. Kumpulkan dan bicarakan dengan anggota keluarga. Mana yang paling cocok diterapkan untuk dapur Anda? Apakah tema dapur serba “green” alias alami? Atau dapur dengan tata letak simpledan elegan? Atau dapur yang fresh, ceria, dan penuh warna? Setelah menetapkan tema, tentukan juga apa saja yang harus diubah, ditambahkan, atau dikurangi. Kumpulkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan sebelum bekerja.

Pastikan pula dapur Anda bersih dari barang-barang bekas yang tak dibutuhkan. Simpan barang-barang yang masih bisa digunakan, atau perbarui sehingga bisa dipakai dalam rancangan terbaru dapur Anda.

Kitchen

Mengganti Cahaya

Dapur Anda, bisa jadi, terlihat suram karena permasalahan lampu. Jika memang itu yang terjadi, kenapa tidak menambah atau mengubah pencahayaannya? Sederhana, tapi ini adalah langkah sederhana yang tepat untuk mengubah suasana dapur.

Jika Anda memiliki lemari-lemari yang ditempelkan di dinding, Anda juga bisa menambahkan lampu di bawahnya sehingga bagian bawahnya nampak terang.

Rak Piring Besar

Biasanya, kita membeli rak piring yang serba “nanggung.” Entah terbuat dari kayu, plastik, atau bahan-bahan yang gampang rusak. Ukurannya pun tidak terlalu besar, menyebabkan tidak seluruh piring dan peralatan makan bisa diletakkan di sana. Alhasil, dapur Anda malah nampak berantakan.

Oleh karenanya, investasikan sebagian uang Anda untuk membeli rak piring besar, dengan bahan stainless steel atau material yang kokoh lainnya. Rak ini akan memudahkan Anda menyimpan semua alat makan, sekaligus berfungsi sebagai dekorasi yang menarik—dengan sedikit sentuhan warna dan motif.

Lapisan Meja

Di dapur, biasanya terdapat ruang atau “meja panjang” untuk mengiris dan menyiapkan bahan-bahan makanan. Nah, bagian ini kerap tidak dilapisi apa pun, sehingga kerap terlihat kotor dan penuh goresan. Untuk meminimalisir kerusakan, minyaki permukaannya. Untuk perubahan yang mencolok, Anda juga dapat mencatnya dengan warna yang sesuai.

Alasi Laci dan Rak

Laci atau rak-rak lemari penyimpanan Anda tampak membosankan? Kalau begitu, cobalah melapisinya dengan alas bermotif. Bahan yang bisa dipilih pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari kertas, fiber, dan lain sebagainya.

Variasi Keran

Tanpa Anda duga, mengganti keran bisa mengubah cita rasa dapur. Sebagaimana kita ketahui, beberapa keran dirancang benar-benar sebagai “keran.” Tidak ada fungsi lain. Sehingga desainnya betul-betul monoton. Nah, kabar gembiranya, tidak semua produsen keran punya pemikiran yang sama. Ada juga keran-keran yang kreatif, menarik, dan lucu.

Hiasan Karpet

Lantai dapur biasanya bebas pelapis. Alasannya, tentu saja, karena dapur kerap kotor dan penuh dengan barang. Rasanya tidak perlu menambahkan apa pun, bukan? Akan tetapi, lantai dapur bisa saja bertambah kusam, dari hari ke hari. Dengan menambahkan karpet, suasana dapur Anda dapat langsung berubah. Pilihlah karpet dari bahan yang mudah divakum. Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan membersihkannya.

 

Sumber Artikel : http://www.lamudi.co.id/journal/tampil-beda-7-tips-asyik-modifikasi-dapur/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *